Langsung ke konten utama

Mahasiswa AM UM Hadirkan Pembelajaran Bahasa Inggris Seru di SDN Sawojajar 02 Kelas Rendah

 


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Setiap hari Selasa, saya bersama rekan saya, Alima, mengajar bahasa Inggris di kelas 1 dan 2 SDN Sawojajar 02. Pembelajaran kami dirancang tidak sekadar mengenalkan kosakata, tapi menjadi pengalaman menyenangkan penuh lagu, permainan, dan aktivitas interaktif. Kami ingin bahasa Inggris menjadi teman bermain yang seru, bukan momok yang menakutkan.

Kami menggunakan metode learning by doing, dengan alat bantu seperti lagu ceria, tebak gambar, dan kartu kosakata. Musik menjadi senjata rahasia untuk membantu anak mengingat kata baru dengan cepat. Anak-anak pun tampak antusias setiap sesi mereka bernyanyi, menari, dan tertawa bersama. Salah satu siswa kelas 1, Azalea, terlihat sangat bersemangat. 

“Kakak-kakak pengajar seru banget! Aku suka nyanyi lagu ‘Hello Song’ dan main tebak-tebakan gambar bahasa Inggris!" Teriaknya begitu energik.

Selain aktivitas, lembar kerja yang kami gunakan juga menarik secara visual dan mendorong siswa untuk menyelesaikannya dengan semangat. Respon positif datang dari berbagai pihak.

“Kegiatan pembelajaran yang dilakukan sungguh menyenangkan dan inspiratif. Anak-anak jadi aktif, percaya diri, dan tidak takut lagi belajar bahasa asing. Salut untuk inovasi pembelajarannya!” ujar salah satu wali murid siswa kelas rendah SDN Sawojajar 02 saat ditemui setelah kegiatan belajar berlangsung.

Dukungan juga datang dari orang tua wali murid terkait acara tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi metode pembelajaran ini. Anak saya selalu menantikan hari Selasa dan sering menyanyikan lagu bahasa Inggris di rumah. Ini luar biasa!” ungkap Bu Novi, wali kelas 2 SDN Sawojajar 02.

Tidak hanya itu, rekan sesama mahasiswa juga melihat dampak positif dari program ini. Salah satu teman sejawat mengatakan,

“Program ini membuktikan bahwa pembelajaran bisa menyenangkan jika dikemas kreatif. Anak-anak bukan hanya belajar bahasa, tapi juga membangun rasa percaya diri dan semangat kerjasama.” ujar Chenda, salah satu mahasiswa asistensi mengajar yang terlibat dalam kegiatan.

Kami percaya, pendekatan seperti ini mendukung pencapaian SDGs poin 4 tentang pendidikan berkualitas. Dengan suasana belajar yang positif, inklusif, dan kreatif, anak-anak akan tumbuh sebagai generasi yang siap menghadapi dunia global dengan percaya diri dan semangat tinggi. Dengan begitu, mimpi besar mereka untuk menggapai dunia tidak lagi sekadar angan, melainkan kenyataan yang dapat diraih dengan penuh percaya diri dan kegembiraan.

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Santri dalam berliterasi | Spesial Maulid Nabi dan Hari Santri

Forum diskusi santri Sementara ini literasi kerap berdomisili pada dunia perguruan tinggi, seolah santri tak ada tendensi untuk ikut menggali dan berpartisipasi. argumen literasi nyaris dilontarkan oleh para pejuang literasi untuk membumikan budaya literasi untuk kaum santri, tak heran itu semua dilakukan untuk menjembatani untuk sama-sama mewujudkan cita-cita bangsa untuk meningkatkan kapasitas insani. Momentum hari santri dan maulid nabi seyogyanya sudah menjadi barometer prestasi santri dikancah publik, beberapa fakta telah dihadirkan seharusnya menjadi energi terbarukan bagi santri, seperti munculnya gus menteri agama yang menguasai panggung demokrasi. Tak hanya itu, posisi-posisi strategis baik negarawan maupun ilmuan juga telah diisi oleh alumni santri yang terkadang enggan memutus rantai gelarnya sebagai santri. Pada era distrupsi ini, kehadiran santri sangat dinantikan. Santri yang memiliki jiwa dan mental kuat untuk menyongsong negeri ini menjadikan santri harus bangga dengan ...

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Ciptakan Inovasi Pembelajaran Kimia Berupa KIT KOVALEN Berbasis Game Education

  MALANG | JATIMSATUNEWS.COM :  Materi ikatan kimia merupakan materi yang tergolong sulit untuk siswa kimia SMA, salah satunya dalam penggambaran struktur Lewis. Hal ini terjadi karena struktur Lewis merupakan model ikatan kimia yang selain mememrlukan keterampilan berpikir dan logika, dibutuhkan juga imajinasi penggambaran ikatan di dalam molekul-molekulnya. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami ikatan kimia, khususnya ikatan kovalen.  Kelima mahasiswa dapartemen kimia Universitas Negeri Malang mengembangkan sebuah media pembelajaran ikatan kovalen untuk meningkatkan konsep pemahaman siswa SMA berbasis game education yang disebut Kit Kovalen merupakan inovasi media pembelajaran dari bahan dasar catur yang dimanfaatkan kembali didesain semenarik mungkin  seperti puzzle yang nantinya siswa akan memperaktikan sendiri dengan pilihan kartu yang diambilnya. Sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan bermakna. Mereka adalah Ulfa Rahmawati, Fatimah A...

Mahasiswa PLS UM Ikut Andil Berikan Metode Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar dan Warna pada Peserta Didik TPQ Ainul Yaqin Pakisaji

    MALANG | JATIMSATUNEWS.COM :  Sekumpulan mahasiswa PLS UM mengadakan suatu program yang berkaitan dengan simulasi pembelajaran pada hari Rabu, 15 November 2023 yang melibatkan peserta didik jilid dua TPQ Ainul Yaqin yang berada di Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Program pembelajaran yang dilaksanakan berupa pengenalan huruf hijaiyah menggunakan media gambar dan warna dengan tujuan untuk membantu menstimulasi kemampuan motorik peserta didik. Materi yang disampaikan kepada peserta didik TPQ Ainul Yaqin menggunakan metode At-Tartil, yang mana anggota kelompok Mahasiswa PLS UM berperan sebagai pemateri. Penggunaan media dan sarana pembelajaran menggunakan alat yang sederhana, yaitu papan tulis, meja, karpet, alat peraga berupa kertas dengan huruf hijaiyah, Al-Qur’an, spidol, penghapus, kertas print dengan huruf hijaiyah, dan pensil warna. Selama proses pembelajaran dilakukan selama 60 menit. Awal pembelajaran diawali dengan salam, pembuka, dan perkena...