Langsung ke konten utama

Kembangkan Model Pembelajaran Matematika ‘MASTER ULIL ALBAB’, Tim PKM-RSH Unisma Lolos Pendanaan Kemendikbudristek Tahun 2024

 


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Unisma Malang dinyatakan lolos dan meraih pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun pendanaan 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemeneterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Dirjen Belmawa Kemendikbudristek).

Dengan adanya usaha dan kerja keras yang dilakukan, di bawah bimbingan Abdul Halim Fathani, S.Si., M.Pd., dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang, tim yang beranggotakan tiga mahasiswa ini (Salma Aniqotizzahro, Faizzatul Maulidiyah, dan Sa’diyatul Abadiyah) ini mengusulkan Program Kreativitas Mahasiswa untuk skema Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH).

Pada tahun ini, untuk kedua kalinya, tim PKM-RSH yang terdiri dari tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika ini lolos pendanaan PKM skema Riset Sosial Humaniora setelah pada tahun sebelumnya juga lolos pendanaan dengan mengusung topik pengembangan model pembelajarana Matematika Santri. 

Tim PKM-RSH berupaya meneliti pengembangan model pembelajaran matematika MASTER Ulil Albab. Penelitian ini merupakan pengembangan model pembelajaran MASTER yang diintegrasikan dengan konsep ulil albab yang berbasis pada tiga dimensi, yaitu dimensi spiritual, teoritis, dan aplikatif.

Model pembelajaran MASTER adalah model pembelajaran yang diperkenalkan oleh Georgi Lezanov dengan prinsip suggestopedia, yang mana merupakan suatu prinsip dimana lingkungan dan suasana belajar menjadi faktor penting keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Model ini menggunakan 6 langkah accelerated learning, yaitu: motivating, acquiring, searching, triggering, exhibiting, dan reflecting.

Konsep Ulil Albab merupakan suatu konsep yang menunjukkan pentingnya keseimbangan antara hubungan manusia dengan Tuhannya, manusia dengan ilmu pengetahuan, serta manusia dengan manusia yang lain. Dengan adanya integrasi antara model pembelajaran MASTER dan konsep Ulil Albab berbasis 3D, tim PKM-RSH berharap akan terbentuknya profil matematikawan ulil albab pada diri peserta didik.

“Model pembelajaran ‘MASTER Ulil Albab’ ini akan sangat cocok diterapkan pada santri yang juga menempuh pendidikan formal. Harapannya, model pembelajaran ini dapat mengatasi permasalahan dalam pembelajaran matematika dan juga dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik bahwa matematika adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang tidak lepas dari pemilik segala ilmu pengetahuan, yaitu Realitas Mutlak, Allah swt.” Tutur Salma.

Subjek uji coba dari penerapan model pembelajaran ini adalah peserta didik Mts Al-Ma’arif Singosari, yang mana sebagian besar peserta didiknya merupakan seorang santri. Tim PKM-RSH sepakat bahwa penelitian yang akan dilakukan nanti memiliki manfaat besar, baik untuk subjek penelitian maupun untuk kemajuan ilmu pengetahuan melalui pengembangan model pembelajaran matematika MASTER yang interaktif berbasis student centered learning dengan penyisipan nilai-nilai keagaman berupa konsep ulil albab.

Oleh karena itu, tim PKM-RSH berharap model pembelajaran ‘MASTER ULIL ALBAB’ ini dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi permasalahan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika. Lebih dari itu, harapannya melalui model pembelajaran ini dapat mengubah stereotype bahwasanya matematika adalah suatu mata pelajaran yang sulit dikuasai.

Abdul Halim Fathani, S,Si., M.Pd., selaku dosen pendamping PKM-RSH sekaligus dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang senantiasa memberikan motivasi, dukungan, dan bimbingan terhadap tim PKM. Harapannya, setelah selesainya penelitian ini, tim PKM-RSH dapat melanjutkan proses ke jenjang berikutnya, yaitu mempersiapkan diri untuk berkompetisi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2024.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Santri dalam berliterasi | Spesial Maulid Nabi dan Hari Santri

Forum diskusi santri Sementara ini literasi kerap berdomisili pada dunia perguruan tinggi, seolah santri tak ada tendensi untuk ikut menggali dan berpartisipasi. argumen literasi nyaris dilontarkan oleh para pejuang literasi untuk membumikan budaya literasi untuk kaum santri, tak heran itu semua dilakukan untuk menjembatani untuk sama-sama mewujudkan cita-cita bangsa untuk meningkatkan kapasitas insani. Momentum hari santri dan maulid nabi seyogyanya sudah menjadi barometer prestasi santri dikancah publik, beberapa fakta telah dihadirkan seharusnya menjadi energi terbarukan bagi santri, seperti munculnya gus menteri agama yang menguasai panggung demokrasi. Tak hanya itu, posisi-posisi strategis baik negarawan maupun ilmuan juga telah diisi oleh alumni santri yang terkadang enggan memutus rantai gelarnya sebagai santri. Pada era distrupsi ini, kehadiran santri sangat dinantikan. Santri yang memiliki jiwa dan mental kuat untuk menyongsong negeri ini menjadikan santri harus bangga dengan ...

Mahasiswa PLS UM Ikut Andil Berikan Metode Pembelajaran Huruf Hijaiyah dengan Media Gambar dan Warna pada Peserta Didik TPQ Ainul Yaqin Pakisaji

    MALANG | JATIMSATUNEWS.COM :  Sekumpulan mahasiswa PLS UM mengadakan suatu program yang berkaitan dengan simulasi pembelajaran pada hari Rabu, 15 November 2023 yang melibatkan peserta didik jilid dua TPQ Ainul Yaqin yang berada di Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Program pembelajaran yang dilaksanakan berupa pengenalan huruf hijaiyah menggunakan media gambar dan warna dengan tujuan untuk membantu menstimulasi kemampuan motorik peserta didik. Materi yang disampaikan kepada peserta didik TPQ Ainul Yaqin menggunakan metode At-Tartil, yang mana anggota kelompok Mahasiswa PLS UM berperan sebagai pemateri. Penggunaan media dan sarana pembelajaran menggunakan alat yang sederhana, yaitu papan tulis, meja, karpet, alat peraga berupa kertas dengan huruf hijaiyah, Al-Qur’an, spidol, penghapus, kertas print dengan huruf hijaiyah, dan pensil warna. Selama proses pembelajaran dilakukan selama 60 menit. Awal pembelajaran diawali dengan salam, pembuka, dan perkena...

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) Ciptakan Inovasi Pembelajaran Kimia Berupa KIT KOVALEN Berbasis Game Education

  MALANG | JATIMSATUNEWS.COM :  Materi ikatan kimia merupakan materi yang tergolong sulit untuk siswa kimia SMA, salah satunya dalam penggambaran struktur Lewis. Hal ini terjadi karena struktur Lewis merupakan model ikatan kimia yang selain mememrlukan keterampilan berpikir dan logika, dibutuhkan juga imajinasi penggambaran ikatan di dalam molekul-molekulnya. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami ikatan kimia, khususnya ikatan kovalen.  Kelima mahasiswa dapartemen kimia Universitas Negeri Malang mengembangkan sebuah media pembelajaran ikatan kovalen untuk meningkatkan konsep pemahaman siswa SMA berbasis game education yang disebut Kit Kovalen merupakan inovasi media pembelajaran dari bahan dasar catur yang dimanfaatkan kembali didesain semenarik mungkin  seperti puzzle yang nantinya siswa akan memperaktikan sendiri dengan pilihan kartu yang diambilnya. Sehingga pembelajaran dapat menjadi lebih menarik dan bermakna. Mereka adalah Ulfa Rahmawati, Fatimah A...